Standard Operating Procedure ( SOP ) adalah aturan yang ditetapkan di suatu perusahaan/ Instansi Pemerintah / Organisasi untuk menjalankan suatu proses kerja .
Secara umum hal hal penting yang ditetapkan dalam suatu aturan menjalankan suatu proses kerja adalah : Tujuan /output proses kerja , rincian proses kerja berupa kegiatan kerja yang harus dilakukan, kelompok kerja/ unit organisasi yang bertanggung jawab melaksanakan kegiatan kerja , definisi pengertian teknis atau konsep yang berkaitan dengan proses kerja .
Berdasarkan peranan dan fungsinya , SOP dapat dikelompokkan sebagai salah satu sarana menjalankan langsung proses manajemen untuk itu hal hal yang ditetapkan dalam SOP harus mengacu kepada referensi berupa perangkat manajemen yaitu : proses bisnis , manual Organisasi dan Sistem Informasi.
Proses bisnis suatu perusahaan / instansi pemerintah/ Organisasi adalah referensi SOP untuk menetapkan Proses kerja yang ditetapkan untuk dijalankan
Apabila semua SOP yang ditetapkan di suatu perusahaan/ Instansi Pemerintah / Organisasi dijalankan dengan lancar dan berhasil maka hal itu berarti proses bisnis berjalan dengan tujuan yang ditetapkan .
Manual Organisasi suatu perusahaan / instansi pemerintah/ Organisasi adalah referensi SOP untuk menetapkan Unit Organisasi yang bertanggung jawab dalam menjalankan proses kerja yang ditetapkan .
Sistem Informasi suatu perusahaan / instansi pemerintah/ Organisasi adalah referensi SOP untuk merinci kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan data/ informasi.
Untuk menghasilkan SOP yang sesuai dengan peranan dan fungsinya maka proses penanganannya dilakukan dengan tahapan sebagai berikut : Analisa dan Identikasi kebutuhan SOP, Penyusunan, Sosialisasi, Implementasi, Audit , Analisa hasil audit dan Revisi .
Pelaksanaan setiap tahap proses penanganan SOP harus terarah dan terkendali hal ini dimaksudkan untuk menghasilkan dan menjalankan SOP sesuai dengan peranan fungsi yang menunjang jalannya proses bisnis .
Pengarahan dan pengendaliaan penanganan SOP harus ditunjang dengan pengelolaan dokumen dimana hasil penyusunan, audit dan revisi SOP dikomunikasikan secara formal melalui dokumen
Sumber daya manusia yang diperlukan untuk menangani SOP terdiri dari beberapa profesi yang masing masing mempunyai spesikasi sebagai berikut :
Procedure analyst dengan spesifikasi :
- mampu mengkaji Proses bisnis , manual organisasi dan Sistem Informasi .
- Mampu mengidentifikasi kebutuhan SOP
- mampu menyusun dan merevisi SOP ,
- mampu mensosialisi SOP
Pengatur penanganan SOP , dengan spesifikasi :
- Mampu membuat perencanaan pengembangan SOP
- Mampu mengarahkan disetiap tahap proses penanganan SOP
- Mampu mengendalikan jalannya setiap tahap proses penanganan SOP
Petugas Pelaksana SOP , dengan spesifikasi :
- Menguasai wawasan SOP dan keterkaitannya dengan SOP lainnya
- Mempunyai kemampuan menjalankan proses kerja yang ditetapkan dalam SOP
- Mampu bekerja sama dengan unit kerja lainnya yang sama sama terlibat menjalankan SOP
Pejabat struktural organisasi pelaksana SOP dengan spesifikasi :
- Mempunyai wawasan proses bisnis, Sistem Informasi dan manual organisasi
- Menguasai wawasan SOP dan keterkaitannya dengan SOP lainnya
- Mampu mengendalikan kelancaran pelaksanaan SOP
Auditor SOP dengan spesifikasi :
- Mempunyai wawasan proses bisnis, Sistem Informasi dan manual organisasi
- Menguasai wawasan SOP dan keterkaitannya dengan SOP lainnya
- Mampu mengidentifikasi dan menganalisa secara komprehensip permasalahan yang terjadi pada saat pelaksanaan SOP
Tujuan / Manfaat :
Dengan mengikuti Training / kelas ini, peserta akan:
- Memahami wawasan SOP secara komprehensip
- Memahami proses penanganan SOP secara lengkap
- Memahami wawasan SOP secara komprehensip
- Dapat menyusun SOP sesuai dengan spesifikasi
- Memahami spesifikasi sumber daya manusia untuk melaksanakan penanganan SOP
- Memahami pengelolaan dokumen penunjang proses penanganan SOP
Materi Training :
- Proses bisnis
- Manual Organisasi
- Sistem Informasi
- Peran dan Fungsi SOP
- Spesifikasi Sop
- Referensi SOP
- Siklus proses penanganan SOP
- Pengkajian proses bisnis
- Identifikasi Kebutuhan
- Penyusunan dan Penetapan
- Sosialisasi
- Implementasi
- Audit
- Analisa hasil Audit
- Revisi
- Gambaran diagram alir proses penanganan SOPManajemen proses penanganan SOP
- Sumber daya manusia penanganan SOP
- Pengelolaan dokumentasi penanganan SOP
- Work shop penyusunan SOP
Trainer :
Ir Asep Toto Kartaman, M Eng
Lulusan Sarjana Teknik dan Manajemen Industri dari Universitas Pasundan tahun 1989 dan Master of Engineering in Industrial Engineering and Management dari Asian Institute of Technology (AIT) Thailand, 1995 yang memiliki pengalaman sebagai praktisi, akademisi dan konsultan serta sebagai public Trainer Ia telah menjadi trainer di banyak perusahaan.
Tempat | Tanggal | Investment (Online) | Investment (Offline) |
---|---|---|---|
Bandung | 23-24 Januari 2024 | 3.500.000 | 5.000.000 |
Bandung | 26-27 Februari 2024 | 3.500.000 | 5.000.000 |
Bandung | 25-26 April 2024 | 3.500.000 | 5.000.000 |
Bandung | 28-29 Mei 2024 | 3.500.000 | 5.000.000 |
Bandung | 26-27 Juni 2024 | 3.500.000 | 5.000.000 |
Bandung | 23-24 Juli 2024 | 3.500.000 | 5.000.000 |
Bandung | 22-23 Agustus 2024 | 3.500.000 | 5.000.000 |
Bandung | 24-25 September 2024 | 3.500.000 | 5.000.000 |
Bandung | 22-23 Oktober 2024 | 3.500.000 | 5.000.000 |
Bandung | 26-27 November 2024 | 3.500.000 | 5.000.000 |
Bandung | 23-24 Desember 2024 | 3.500.000 | 5.000.000 |
Catatan: Permintaan tanggal khusus bisa disesuaikan berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku
Durasi Training : 2 hari
Offline Training Termasuk :
- Materi hand-Out
- Softcopy materi (Flash disk)
- Sertifikat
- ATK (NoteBook dan Ballpoint)
- Tas kerja 3in1
- Foto Training
- Meeting room di hotel berbintang
- Lunch dan 2x coffee break
Online Training Termasuk :
- Materi hand-Out (soft copy)
- Sertifikat
Contact Us For More Information:
Contact | : | Dinar |
Phone | : | 0811-1111-7040 |