Standard Operating Procedure (SOP)

Standard Operating Procedure ( SOP ) adalah aturan  yang ditetapkan di suatu perusahaan/ Instansi Pemerintah / Organisasi untuk menjalankan suatu proses kerja .

Secara umum hal hal penting yang ditetapkan dalam suatu aturan menjalankan suatu proses kerja adalah : Tujuan /output proses kerja  , rincian proses kerja berupa kegiatan kerja  yang harus dilakukan,  kelompok kerja/ unit organisasi yang bertanggung  jawab melaksanakan  kegiatan kerja , definisi pengertian teknis atau konsep yang berkaitan dengan proses kerja .

Berdasarkan  peranan dan fungsinya , SOP  dapat dikelompokkan sebagai salah satu sarana menjalankan langsung proses manajemen untuk itu hal hal yang ditetapkan dalam SOP harus mengacu kepada referensi berupa perangkat manajemen yaitu : proses bisnis , manual Organisasi dan Sistem Informasi.

Proses bisnis  suatu perusahaan / instansi  pemerintah/ Organisasi adalah referensi SOP untuk  menetapkan  Proses kerja yang ditetapkan untuk dijalankan

Apabila  semua SOP yang ditetapkan di suatu perusahaan/ Instansi Pemerintah / Organisasi dijalankan dengan lancar dan berhasil maka hal itu berarti proses bisnis berjalan dengan tujuan yang ditetapkan  .

Manual Organisasi suatu perusahaan / instansi  pemerintah/ Organisasi adalah referensi SOP untuk menetapkan Unit Organisasi  yang  bertanggung jawab dalam menjalankan proses kerja yang ditetapkan .

Sistem Informasi suatu perusahaan / instansi  pemerintah/ Organisasi adalah referensi SOP untuk merinci kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan data/ informasi.

Untuk  menghasilkan SOP yang sesuai dengan peranan dan fungsinya maka proses  penanganannya   dilakukan dengan  tahapan sebagai berikut  : Analisa dan Identikasi kebutuhan SOP, Penyusunan, Sosialisasi, Implementasi, Audit , Analisa hasil audit dan  Revisi .

Pelaksanaan  setiap tahap proses penanganan SOP harus terarah dan terkendali hal ini  dimaksudkan  untuk menghasilkan dan menjalankan SOP sesuai dengan peranan fungsi yang menunjang  jalannya proses bisnis .

Pengarahan dan pengendaliaan penanganan SOP harus ditunjang dengan pengelolaan dokumen dimana hasil penyusunan, audit dan revisi SOP dikomunikasikan secara formal melalui dokumen

Sumber daya manusia yang diperlukan untuk  menangani SOP terdiri dari beberapa profesi yang masing masing mempunyai  spesikasi sebagai berikut :

  1. Procedure analyst dengan spesifikasi :

    • mampu mengkaji Proses bisnis , manual organisasi dan Sistem Informasi .
    • Mampu mengidentifikasi kebutuhan SOP
    • mampu menyusun dan merevisi SOP ,
    • mampu mensosialisi SOP
  2. Pengatur penanganan SOP  , dengan spesifikasi :

    • Mampu membuat perencanaan pengembangan SOP
    • Mampu mengarahkan disetiap tahap proses penanganan SOP
    • Mampu mengendalikan jalannya setiap tahap proses penanganan SOP
  3. Petugas Pelaksana SOP , dengan spesifikasi :

    • Menguasai wawasan SOP dan keterkaitannya dengan SOP lainnya
    • Mempunyai kemampuan menjalankan proses kerja yang ditetapkan dalam SOP
    • Mampu bekerja sama dengan unit kerja lainnya yang sama sama terlibat menjalankan SOP
  4. Pejabat struktural organisasi pelaksana SOP dengan spesifikasi :

    • Mempunyai wawasan proses bisnis, Sistem Informasi dan manual organisasi
    • Menguasai wawasan SOP dan keterkaitannya dengan SOP lainnya
    • Mampu mengendalikan kelancaran pelaksanaan SOP
  5. Auditor SOP dengan  spesifikasi  :

    • Mempunyai wawasan proses bisnis, Sistem Informasi dan manual organisasi
    • Menguasai wawasan SOP dan keterkaitannya dengan SOP lainnya
    • Mampu mengidentifikasi dan menganalisa secara komprehensip permasalahan yang terjadi pada saat pelaksanaan SOP

Tujuan / Manfaat :

Dengan mengikuti Training / kelas ini, peserta akan:

  1. Memahami wawasan SOP secara komprehensip
  2. Memahami proses penanganan SOP secara lengkap
  3. Memahami wawasan SOP secara komprehensip
  4. Dapat menyusun SOP sesuai dengan spesifikasi
  5. Memahami spesifikasi  sumber daya manusia untuk melaksanakan penanganan SOP
  6. Memahami pengelolaan dokumen  penunjang proses penanganan SOP

Materi Training :

  1. Proses bisnis
  2. Manual Organisasi
  3. Sistem Informasi
  4. Peran dan  Fungsi  SOP
  5. Spesifikasi Sop
  6. Referensi SOP
  7. Siklus proses penanganan SOP
    • Pengkajian proses bisnis
    • Identifikasi Kebutuhan
    • Penyusunan dan Penetapan
    • Sosialisasi
    • Implementasi
    • Audit
    • Analisa hasil Audit
    • Revisi
  8. Gambaran diagram  alir  proses  penanganan SOPManajemen   proses  penanganan SOP
  9. Sumber daya  manusia  penanganan SOP
  10. Pengelolaan dokumentasi  penanganan  SOP
  11. Work shop  penyusunan  SOP

Trainer :

Ir Asep Toto Kartaman, M Eng
Lulusan Sarjana Teknik dan Manajemen Industri dari Universitas Pasundan tahun 1989 dan Master of Engineering in Industrial Engineering and Management dari Asian Institute of Technology (AIT) Thailand, 1995 yang memiliki pengalaman sebagai praktisi, akademisi dan konsultan serta sebagai public Trainer Ia telah menjadi trainer di banyak perusahaan.

TempatTanggalInvestment (Online)Investment (Offline)
Bandung23-24 Januari 20243.500.0005.000.000
Bandung26-27 Februari 20243.500.0005.000.000
Bandung25-26 April 20243.500.0005.000.000
Bandung28-29 Mei 20243.500.0005.000.000
Bandung26-27 Juni 20243.500.0005.000.000
Bandung23-24 Juli 20243.500.0005.000.000
Bandung22-23 Agustus 20243.500.0005.000.000
Bandung24-25 September 20243.500.0005.000.000
Bandung22-23 Oktober 20243.500.0005.000.000
Bandung26-27 November 20243.500.0005.000.000
Bandung23-24 Desember 20243.500.0005.000.000

Catatan: Permintaan tanggal khusus bisa disesuaikan berdasarkan syarat  dan ketentuan yang berlaku

Durasi Training :  2 hari

Offline Training Termasuk :

  1. Materi hand-Out
  2. Softcopy materi (Flash disk)
  3. Sertifikat
  4. ATK (NoteBook dan Ballpoint)
  5. Tas kerja 3in1
  6. Foto Training
  7. Meeting room di hotel berbintang
  8. Lunch dan 2x coffee break

Online Training Termasuk :

  1. Materi hand-Out (soft copy)
  2. Sertifikat

 

Contact Us For More Information:

Contact:Dinar
Phone:0811-1111-7040

click to chat FEI Training