Pelatihan Tata Naskah Dinas 

Tata naskah dinas adalah salah satu unsur administrasi hukum yang meliputi pengaturan tentang jenis dan penyusunan naskah dinas, penggunaan lambang negara, logo dan cap dinas, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, pengurusan naskah dinas korespondensi, kewenangan, perubahan, pencabutan, pembatalan produk hukum dan ralat yang harus diperhatikan penyusunannya agar mudah dimengerti penerima dan mudah diklasifikasikan jenisnya.

Tata Naskah  merupakan suatu sarana komunikasi tertulis yang efektif dan efisien, meliputi tertib administrasi, keseragaman, dan identitas institusi atau organisasi. Tata naskah bagaimana menyampaikan isi pesan yang lugas atau penuh dengan bahasa yang indah, bernilai tinggi.

Tujuan Training :

  1. Untuk meningkatkan kemampuan peserta pelatihan dalam pembuatan tata naskah dinas yang baik dan benar sesuai dengan format dan ejaan Bahasa Indonesia
  2. Untuk meningkatkan kemampuan peserta pelatihan dalam pengelolaan arsip tata naskah dinas secara efektif dan efisien

Materi Training :

  1. Komunikasi Bisnis
    1. Pengertian Komunikasi Bisnis
    2. Fungsi Komunikasi Bisnis
    3. Tujuan Komunikasi Bisnis
    4. Metode Komunikasi Bisnis
    5. Jenis-Jenis Komunikasi Bisnis
  2. Penggunaan Bahasa dalam Tata Naskah Dinas
    1. Fungsi Bahasa
    2. Keterampilan Bahasa
    3. Tataran Bahasa
    4. Laras Bahasa
    5. Konteks, dan Kaidah Bahasa
  3. Pengelolaan Tata Naskah Dinas
    1. Pengertian Tata Naskah Dinas
    2. Azas Penyusunan Tata Naskah Dinas
    3. Jenis dan Format Tata Naskah Dinas
    4. Pembuatan Tata Naskah Dinas
    5. Pengamanan Tata Naskah Dinas
    6. Pengabsahan Tata Naskah Dinas
    7. Penggunaan Logo dan Atribut Lainnnya dalam Tata Naskah Dinas
    8. Penyimpanan Tata Naskah Dinas
    9. Pendistribusian Tata Naskah Dinas
    10. Perubahan, Pencabutan, Pembatalan, dan Ralat Tata Naskah Dinas
    11. Alih Media Tata Naskah Dinas
  4. Editing dan Proof Reading Tata Naskah Dinas
    1. Perbedaan Antara Editing dan Proof Reading
    2. Tahapan Editing Tata Naskah Dinas
    3. Tahapan Proof Reading Tata Naskah Dinas
    4. Plagiarism Check Tata Naskah Dinas
  5. Manajemen Kearsipan Tata Naskah Dinas
    1. Pengertian Arsip
    2. Jenis Arsip: Arsip Dinamis dan Statis
    3. Pengelolaan Arsip: Sentralisasi, Desentralisasi, dan Campuran
    4. Jadwal Retensi Arsip
  6. Arsip Elektronik

Peserta Training :

  1. Sekretaris
  2. Staf administrasi
  3. Personal assistant
  4. Semua pihak yang membutuhkan pengetahuan seputar tata naskah dinas

Trainer :

Dr.Arief Rahmana., ST.,MT, CIPMP

Lulusan Teknik Industri Universitas Pasundan, Program Magister Program Studi Teknik Manajemen Industri Konsentrasi Manajemen Industri di Institut Teknologi Bandung dan juga Doktor Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Konsentrasi Pelatihan dan Pengembangan SDM Universitas Pendidikan Indonesia, sejak 2008 sebagai Dosen Tetap di Program Studi Teknik Industri Universitas Widyatama Bandung, Ia telah memiliki pengalaman sebagai praktisi, akademisi dan konsultan.

Jadwal & Investment :

TempatTanggalInvestment (Online)Investment (Offline)
Bandung23-24 Januari 20243.500.0005.000.000
Bandung26-27 Februari 20243.500.0005.000.000
Bandung25-26 April 20243.500.0005.000.000
Bandung28-29 Mei 20243.500.0005.000.000
Bandung26-27 Juni 20243.500.0005.000.000
Bandung23-24 Juli 20243.500.0005.000.000
Bandung22-23 Agustus 20243.500.0005.000.000
Bandung24-25 September 20243.500.0005.000.000
Bandung22-23 Oktober 20243.500.0005.000.000
Bandung26-27 November 20243.500.0005.000.000
Bandung23-24 Desember 20243.500.0005.000.000

Catatan : Permintaan tanggal khusus bisa disesuaikan berdasarkan syarat  dan ketentuan yang berlaku

Durasi Training                 : 2 hari

Offline Training Termasuk :

  1. Materi hand-Out
  2. Softcopy materi (Flash disk)
  3. Sertifikat
  4. ATK (NoteBook dan Ballpoint)
  5. Tas kerja 3in1
  6. Foto Training
  7. Meeting room di hotel berbintang
  8. Lunch dan 2x coffee break

Online Training Termasuk :

  1. Materi hand-Out (soft copy)
  2. Sertifikat

 

FEI Training and Management Consulting

Contact                : Dinar

Phone                   : 0811-1111-7040

click to chat FEI Training

This Post Has One Comment

  1. rifiya

    untuk yang offline, apakah tidak termasuk penginapan ?

Tinggalkan Balasan